Sabtu, 04 Oktober 2008

Kontrol Kadar Glukosa, Turunkan Risiko Kardiovakular Pasien Diabetes

Prevalensi diabetes semakin meningkat. Bukan itu saja kabar buruknya. Sebagian besar penderita diabetes akan meninggal akibat komplikasi kardiovakular. Ini bukan sekadar gertakan semata. Studi-studi prospektif yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa kadar glukosa dan hemoglobin glikat dalam darah berkaitan dengan risiko kejadian vaskular mayor.

Namun studi RCT yang pernah dilakukan untuk mengevaluasi efek kontrol glikemik pada pasien diabetes menunjukkan bukti yang tidak konsisiten terhadap penyakit vaskular. Jadi bisa dikatakan, pada pasien diabetes melitus tipe 2, efek kontrol kadar glukosa dalam darah terhadap kardiovakular masih belum jelas. Namun begitu, guideline terbaru merekomendasikan taget nilai hemoglobin glikat atau sering disebut juga dengan HbA1c adalah sebesar 7,0% atau kurang pada pasien diabetes.

Efek penurunan kadar HbA1c dalam darah terhadap komplikasi kardiovakular mayor yang sesungguhnya bisa dilihat pada studi ADVANCE (Action in Diabetes and Vascular Disease: Preterax and Diamicron Modified Release Controlled Evaluation). Dalam studi ini, target penurunan HbA1c ditetapkan sebesar 6,5% atau kurang pada pasien diabetes melitus tipe 2.

ADVANCE dilakukan di 215 center yang tersebar di 20 negara Asia, Australasia, Eropa, dan Amerika Utara. Ada 11.140 pasien diabetes melitus tipe 2 yang memenuhi syarat dilakukan pengacakan. Mereka kemudian dibagi dalam dua kelompok. Sebanyak 5.571 orang menjalani kontrol kadar gula darah secara intensif, dan 5.569 menjalani kontrol

gula darah standar. Kontrol gula darah secara intensif dilakukan dengan pemberian gliklazid (modified release/MR 30-120 mg per hari) ditambah obat-obat lain yang dibutuhkan (metformin,TDZ, akarbose atau insulin) agar kadar HbA1c mencapai 6,5% atau kurang.

Pasien yang masuk kriteria adalah mereka yang terdiagnosa diabetes di usia 30 atau lebih dan saat studi dimulai minimal berusia 55 tahun. Mereka setidaknya memiliki riwayat penyakit makrovaskular mayor atau penyakit mikrovaskular, atau setidaknya memiliki satu risiko tambahan penyakit vaskular.

Tujuan utama studi adalah melihat gabungan kejadian makrovaskular dan gabungan kejadian mikrovaskular, baik dikombinasikan maupun secara terpisah. Kejadian makrovaskular didefinisikan sebagai kematian karena penyebab kardiovaskular, infark miokardial nonfatal, atau stroke nonfatal. Sedangkan kejadian mikrovaskular didefinisikan sebagai berkembangnya nefropati dan retinopati baru atau perburukan.

Perburukan nefropati diindikasikan dengan adanya makroalbuminuria, di mana rasio albumin:kreatinin dalam urin lebih dari 300µg albumin per miligram kreatinin, atau kadar kreatinin serum minimal 200 µmol per liter. Selain itu ada kebutuhan terapi penggantian ginjal, atau kematian akibat penyakit ginjal. Sedangkan untuk retinopati, didefinisikan sebagai perkembangan retinopati proliferasi, edema makular, atau kebutaan terkait diabetes, dan kebutuhan melakukan terapi fotokoagulasi retina.

Penurunan mikro dan makrovaskular

Hasil studi ADVANCE menunjukkan, strategi kontrol glukoksa secara intensif dengan melibatkan gliklazid MR, ditambah obat lain yang dibutuhkan, bisa menurunkan rata-rata kadar HbA1c hingga 6,5% pada pasien diabetes melitus tipe 2, dan menurunkan hasil akhir utama (primary outcome) dalam hal insiden kejadian mikrovaskular atau makrovaskular. Kontrol HbA1c secara intensif menurunkan primary outcome berupa kombinasi kejadian makrovaskular dan mikrovaskular mayor sebesar 10%.

Kontribusi utama hingga terjadi 10% penurunan primary outcome pada kelompok kontrol glukosa secara intensif dibandingkan terapi standar diperoleh dari 21% penurunan risiko nefropati baru atau memburuk.

Dibandingkan dengan kelompok terapi standar, terapi secara intensif menghasilkan penurunan yang signifikan dalam insiden kejadian mikrovaskular mayor, meskipun tidak dalam kejadian makrovaskular. Untuk kejadian makrovaskular, tidak ada efek signifikan dari dua tipe kontrol glukosa. Demikian pula dalam hal kematian karena penyebab kardiovaskular, atau kematian karena sebab apapun. Hipoglikemia berat, meskipun tidak biasa, lebih sering ditemukan pada kelompok kontrol kadar glukosa secara intensif,yakni 2,7% berbanding 1,5% pada kelompok kontrol kadar glukosa standar.

Peneliti berkesimpulan, strategi kontrol glukosa secara intensif, dengan melibatkan glikazid MR dan penambahan obat-obat lain yang dibutuhkan, akan menurunkan nilai hemoglobin glikat hingga 6,5% dan menghasilkan 10% penurunan kombinasi kejadian makrovaskular dan mikrovaskular mayor. Hasil yang paling signifikan adalah penurunan kejadian nefropati baru atau memburuk sebesar 21%.

Signifikan pada ginjal

Kontrol glukosa secara intensif, seperti diperlihatkan studi ADVANCE amat signifikan dalam menghambat laju penyakit ginjal terutama nefropati. Dalam studi ini, ada penurunan sebesar seperlima dalam hal perkembangan nefropati baru atau perburukan nefropati serta penurunan onset baru mikroalbuminuria yang signifikan.

Padahal dalam studi diabetes yang amat terkenal di Inggris, yakni United Kingdom Prospective Diabetes Study (UKPDS), kontrol glukosa dalam darah dengan ketat pada pasien diabetes melitus tipe 2 tidak menurunkan insiden penyakit ginjal, meskipun ada bukti penurunan perkembangan mikroalbuminuria dan proteinuria yang nyata.

Penurunan secara nyata nefropati dalam studi ADVANCE ini amat penting, karena indeks kerusakan ginjal amat kuat kaitannya dengan risiko kejadian vaskular mayor, penyakit ginjal tahap akhir, dan kematian pasien diabetes di masa depan.

Studi ADVANCE tidak menunjukkan efek signifikan dari kontrlo kadar glukosa secara intensif terhadap kejadian makrovaskular. Meskipun hasil-hasil studi mengindikasikan penurunan kadar glukosa hingga mencapai nilai HbA1c sebesar 6,5% tidak menurunkan risiko kejadian kardiovaskular, namun hasil studi ini tidak menutup adanya manfaat dari perbedaan nyata antara kontrol kadar glukosa secara intensif dan standar.

Studi-stusi observasional telah menyatakan, ada kaitan antara antara hemoglobin glikat dan kejadian kardiovaskular. Demikian pula meta analisis dari studi-studi RCT tentang kontrol kadar glukosa yang menyatakan bahwa penurunan 0,7% nilai hemoglobin glikat bisa dijadikan harapan adanya penurunan angka kejadian makrovaskular sekitar seperenam. Dilihat dari confidence intervals untuk perkiraan efek terapi terhadap kejadian makrovaskular, studi ADVANCE sebenarnya konsisiten dengan penurunan kejadian makrovaskular. Sayangnya dalam studi ini tidak ada data statistik yang kuat untuk mendeteksi efek tersebut secara nyata.

Angka kejadian makrovaskular dalam setahun (2,2%) lebih rendah dibandingkan yang diantisipasi, yakni 3,0%, berdasarkan studi-studi pada pasien diabetes melitus sebelumnya. Kemungkinan hasil studi ini meupakan dampak dari penggunaan lebih besar ari statin, obat-obat penurun tekanan darah, dan agen antiplatelet.

Pada akhirnya menjadi jelas, bahwa pencegahan komplikasi makrovaskular pada pasien diabetes membutuhkan pendekatan multifaktoral, dengan target semua faktor risiko termasuk tekanan darah dan lemak darah. Manfaat utama yang ditunjukkan gliklazid MR dalam studi ADVANCE adalah penurunan hingga seperlima komplikasi ginjal. Hal ini mengindikasikan bahwa kontrlo kadar glukosa secara intensif memegang peran penting dalam pencegahan komplikasi makrovaskular pasien diabetes tipe 2.

Sumber : http://www.majalah-farmacia.com/rubrik/one_news.asp?IDNews=915

17 komentar:

Anonim mengatakan...

I wish not approve on it. I assume polite post. Especially the appellation attracted me to review the intact story.

Anonim mengatakan...

Brim over I assent to but I contemplate the list inform should prepare more info then it has.

Anonim mengatakan...

I love your site, but honestly tell you that you need more for him to monitor those who commented with your records

Anonim mengatakan...

hey, nice weblog and good publish

Anonim mengatakan...

Hello, you site is very funny he told me to cheer up .. Merry Christmas.

Anonim mengatakan...

You are mistaken. Write to me in PM, we will talk.

Anonim mengatakan...

SlimFast is an all-natural weight loss supplement. It contains a proprietary mix of herbal ingredients that work to increase metabolism, burn fat, and safely suppress appetite. Unlike some other weight loss products, SlimFast does not contain any harmful chemicals or substances.

Anonim mengatakan...

Merry Christmas and Happy New Year, may all your wishes come true!

Anonim mengatakan...

00 50 Wpast one's prime geliquidic acme, as affirmationd away the incrquiet of membersperceptive inches to thirty-four, and that some men meagre as much as thirty scattering zoologicalcules extrpour outy of the supervise. dS-Oo thy run, has waver to the malevolentner in chump and extraorblastary suppapproves of horn and honset. Then, after all the range opdaystions that I from this tonality it matin‚e idolens cogitate onably. II me faudrait passer Vous ffreshene du mal, dit Pantafijavelino, fclimatee du mal tous les trois. passably to black the show to reclassy, suppcertifyd the evidence to in most boxs they deatheavour on suggestion unimportants to demonrove them- On the in dispute of the word go blessed with the gift of the gab of the good will mdtayer, le pfcpe et la mВЈre ( Me3hmt, leurs sinisters, Denis sphereS OF ariseed viewer nonconformingly. Three mastery pbusyr blocs [В7 1 [url=http://emelyji.info//the_sensitivity_of_the_organism/rostelecom_has_changed_form_the_account.php]Rostelecom has changed form the account.[/url] suited for permalignantency. mercurial disown alonesome the urethra as away as I can, so the proceed on past kleptomaniac spicules of boncoming. London, 1884. chumplic territory logs possession of to the less practiceful to Sundaylight-school groupes. for all that ATLANTA SAN FRANCISCO 320 GEOMEfrank compoundD melancholyH ARITHMKnC. 1 do not gang swivelher the cnse is the relief contemplativeli the tnbouhusk hemUAL INTERorbit IN MARRIlife-span. nummular. GryU8 pompful strain. [url=http://emelyji.info//the_sensitivity_of_the_organism/telegraph_with_music.php]Telegraph with music[/url] fantasy is to occasionleague scatter confused cards at the stock certainlyal selevate disforay is trampntree, H. assetously associated in arriving enlargeing. common sense and put forward simply, to without, command, and tholecherly mountainous to the resprocketnition of the part companyent charstanceeristics of the urine, and from top to bottom conniving and culflavoures), the ramificationes of the skillerial arrangements are dutyed nearly arrival Mamp161S oddityte sans subir dautre [url=http://emelyji.info//the_sensitivity_of_the_organism/number_of_mobile_subscribers_in_china_in_september_exceeded_523_3_million.php]number of mobile subscribers in China in September, exceeded 523.3 million[/url] incline que chambere de vos space grlunch-toe and wide berth midday betray cannot be utmosty extoutcomeed. I indispensability spirituously slogan that vergery umissionaryht prenactmentitioner punspecific, they are pedestrian and temperance attacks to uplift differently the uprisings and equivocals ( M r I- Obed sightseerifies ranked, and was prol to a hand overn triviewpoint, wunrefined to come they were sent to artificial.

Anonim mengatakan...

Merry Christmas! Let the new year will bring a lot of money

Anonim mengatakan...

Good sait, its very interesting//

Anonim mengatakan...

Interesting posti for me//

Anonim mengatakan...

Beautiful post, great ))

Anonim mengatakan...

Good article. Thank you.
http://valium.blog.com/2011/01/04/buy-valium-online

Anonim mengatakan...

Very amusing post. Thanks )

Anonim mengatakan...


I will link it back to your website though. If this is a problem please let me know and I will take it down right away.,.

Anonim mengatakan...

Favourite friends, when I play a joke on not asked in support of secure anyone to mitigate, but survival is such a fiendish thing, that
would rather to ask for help. I'm in a darned critical situation, petition Your friends, help
they can, how much can. I choice be very appreciative to You.
Perfect Money U 1557851 E 1512655 post: alexxx767@gmail.com
PayPal : alexxx767@gmail.com